PERBEDAAN PENJAS DAN OLAHRAGA

  1. Perbedaan penjas dan olahraga dan persamaannya….?

Jawab:

Penjas merupakan aktivitas fisik dan dapat berupa permainan. Tujuannya tidak sama akan tetapi dalam bagian tertentu menunjukkan kaitan satu sama lain.

Berdasarkan dokumen yang resmi, pendidikan jasmani (physical education) digunakan untuk kalangan pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan sedangkan olahraga untuk kegiatan di luar pendidikan yang berorientasi pada peningkatan prestasi.

Perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga

Pendidikan Jasmani

Olahraga

  • Pemahaman gerak
  • Berpacu pada satuan kurikulum
  • Subyeknya pelajar
  • Pribadi anak seluruhnya
  • Pengaturan disesuaikan
  • Gerak kehidupan sehari – hari
  • Perhatian ekstra pada anak lamban
  • Tidak mesti dilombakan
  • wajib

  • prestasi
  • bebas
  • subyeknya atlet
  • kinerja motorik
  • aturan baku
  • gerak fungsional cabang
  • ditinggalkan
  • selalu bertanding
  • bebas

  1. Dua prinsip utama pendidikan jasmani pertama : menguatamakan partisipasi semua siswa, kedua : upaya pendidikan harus dapat membentuk kebiasaan hidup aktif sepanjang hayat. Prinsip yang kedua berkaitan dengan usaha untuk mencapai kualitas hidup sehat. Bagian penting dari itu adalah kebugaran atau kesegaran jasmani yang dengan kata lain adalah physical fitness. Sumbangan penting dari aktivitas jasmani adalah terciptanya derajat kesegaran jasmani.

Sebuah konsep yang makin berkembang sehubungan dengan kualitas kemampuan fungsi organ tubuh untuk menjalankan tugas dan gerak dalam kehidupan sehari – hari dan dalam setiap tugas tersebut memmiliki tingkat tuntutan berbeda, oleh karenanya dewasa ini konsep kebugaran jasmani berkembang menjadi dua macam yaitu kesegarah jasmani yang berhubungan dengan kesehatan dan yang berhubungan dengan ketrampilan olahraga.

Pengkuran kesegaran jasmani para anak merupakan bagian penting dari pengkuran dan evaluasi dalam pendidikan jasmani. Hasil pengkuran dapat digunakan untuk melihat tingkat keberhasilan program disamping untuk tindakan penyempurnaan bahkan metode pelaksanaannya sehubungan dengan hal tersebut, tes perlu dipilih dengan mengikuti kriteria tertentu yang penting pelaporannya harus bermakna sebagai informasi. Laporan tersebut merupakan papran deskriptif yang menjelaskan sejauh mana kemajuan belajar ditinjau dari derajat kesegaran jasmaninya.

  1. pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan.Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada tujuan pendidikan tersebut.Tujuan pendidikan jasmani bukanlah aktivitas jasmani itu sendiri,tapi untukmengembangkan potensi siswa.

Persepsi yg sempit dan keliru terhadap pendidikan jasmani akan mengakibatkan nilai – nilai luhur dan tujuan pendidikan yang terkandung didalamnya tidak akan pernah tercapai. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan anak,  isi dan urusan materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan. Sasaran bukan hanya ditujukan untuk mengembangkan keterampilan olahraga, tapi perkembangan pribadi anak seutuhnya. Konsep dasar pendidikan jasmani dan model pengajaran pendidikan jasmani yang efektif perlu dipahami bagi orang yang hendak mengajar pendidikan jasmani.

Pengertian pendidikan jasmani sering dikaburkan dengan konsep lain dimana pendidikan jasmani disamakan dengan setiap usaha yang mengarah pada pengembangan organ – organ tubuh manusia, kesegaran jasmani, kegiatan fisik, dan pengembangan keterampilan. Pengertian itu memberikan pandangan yang sempit dan menyesatkan arti pendidikan jsmani yang sebenarnya.

pendidikan jasmani bukan hanya  merupakan aktifitas pengembangan fisik secara terisolasi, akan tetapi harus berada dalam konteks pendidikan secara umum (general education). Tentunya proses tersebut dilakukan dengan sadar dan melibatkan interaksi sistematik antar pelakunya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

  1. Tujuannya adalah untuk mendapatakan ilmu yang lebih banyak dan pengetahuan yang luas mengenai pendidikan jasmani dan olahraga, sasarannya kami berharap dapat lulus dengan nilai yang sangat memuaskan dan selesai dalam 4 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s